[FORUM KEADILAN] Kementan Akan Perketat Pengawasan Pemotongan Hewan

Penjualan Daging Ayam (foto: okezone.com)
Penjualan Daging Ayam (foto: okezone.com)

Thursday, October 6th, 2016

FORUM KEDILAN, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian akan melakukan memperketat pengawasan terhadap tempat-tempat pemotongan hewan, terutama daging unggas.

Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Sri Mukartini mengatakan pengawasan itu akan difokuskan oleh dinas-dinas pertanian dan peternakan, khususnya di wilayah Jabodetabek. Ini mengingat wilayah itu memiliki angka komsumsi daging ayam tertinggi dibandingkan wilayah-wilayah lain di Indonesia.

“Seiring meningkatnya permintaan daging unggas di Indonesia kami ingin agar pemotongan unggas terkonsentrasi di beberapa lokasi di Jakarta dan area Jabodetabek. Dengan demikian limbah dari rumah potong dapat diproses dan dimusnahkan dengan cara yang aman dan terkontrol,” kata Sri dalam peluncuran kampante ‘Ayam Dingin Segar’ di Jakarta, Kamis (6/10).

Kampanye ini merupakan bagian dari program keamanan pangan di sektor unggas yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan di Indonesia. Menurut Sri, kampanye ini dilakukan untuk menggugah peran masyarakat akan pentingnya mengkomsumsi makanan sehat.

“Pangan yang berasal dari hewan itu mudah rusak, dan berpotensi menularkan penyakit ke manusia. Cara mencegahnya dengan proses pemotongan yang higienis dan sistem rantai dingin,” jelas Sri.

Menurut Sri, sistem rantai dingin bertujuan untuk menjaga kesegaran pangan, memperpanjang masa kedaluwarsa, dan juga untuk menjaga pangan terhadap kontaminasi dari bakteri.

Dari sisi produsen, sri menjelaskan, rumah potong hewan harus memiliki izin dan proses pemotongannya sesuai aturan yang berlaku.

“Tempat yang sudah sesuai aturan, mulai dari tempatnya, alatnya, sampai produknya, dengan itu akan menghasilkan kebersihan lingkungan, kesehatan produk, dan kesehatan konsumen,” pungkas Sri.

 

Tautan: http://forumkeadilan.co/nusantara/kementan-akan-perketat-pengawasan-pemotongan-hewan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s