[SUARA PEMBARUAN] Kementerian Pertanian Luncurkan Kampanye Ayam Dingin Segar

U-5 | Kamis, 6 Oktober 2016 | 17:21

[JAKARTA] Kementerian Pertanian Republik Indonesia meluncurkan kampanye ayam dingin segar. Kampanye ini merupakan bagian dari program keamanan pangan di sektor unggas yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan di Indonesia.

“Seiring meningkatnya permintaan daging unggas di Indonesia, kami ingin agar pemotongan unggas terkonsentrasi di beberapa lokasi di Jakarta dan area Jabodetabek. Dengan demikian limbah dari rumah potong dapat diproses dan dimusnahkan dengan cara yang aman dan terkontrol,” kata Riwantoro, Sekretaris Dirjen Kementerian Pertanian RI saat peluncuran Kampanye Aam Dingin Segar di Jakarta, Kamis (6/10).

Andi menjelaskan, menghadapi peningkatan konsumsi daging ayam sebagai dampak dari kenaikan pendapatan keluarga kelas menengah, Pemerintah ingin memperkenalkan ayam dingin segar di pasar Indonesia.

“Proses pemotongan yang lebih terkonsentrasi yang tentunya dibarengi dengan proses transportasi dan penjualan yang sesuai,” ujarnya.

Riwantoro mengatakan sektor daging unggas kini memasuki fase baru. Dimana kenaikan permintaan dan konsentrasi produksi daging unggas, membuat jarak antara lokasi pemotongan dan pasar meningkat. Di Indonesia yang beriklim tropis, sebaiknya transportasi dan distribusi daging unggas beralih ke rantai produksi berpendingin.

Kampanye ayam dingin segar ingin menginformasikan kepada masyarakat bagaimana ayam dingin segar di proses dari Rumah Potong Unggas hingga ke meja makan, dan cara terbaik untuk memilih, menyimpan, dan mengolah ayam dingin segar.

“Kampanye ini akan dilakukan mulai awal Oktober 2016 hingga akhir Juni 2017. Meliputi beragam aktivitas di antaranya food truck roadshow di Jakarta dan sekitarnya dimana masyarakat dapat mencoba ayam dingin segar, dan aktivitas di media social. Melalui aktivitas ini, kami ingin menginformasikan kepada masyarakat tentang ayam dingin segar dan mendorong mereka untuk mencoba dan beralih ke ayam dingin segar,” tambah Andi.

Pilihan Tepat

Daging ayam merupakan makanan bernutrisi, berprotein tinggi, kaya vitamin (B2 dan B6), mineral (tembaga, fosfor, dan selenium) dan mengandung lebih sedikit lemak jenuh dibanding daging sapi. Karenanya daging unggas merupakan sumber protein yang sangat baik untuk dapur keluarga Indonesia.

“Hal terpenting dalam memilih daging unggas adalah kesegaran dan bagaimana daging diproses,” jelas Chef Edwin Lau.

Menurut Edwin, ayam dingin segar adalah pilihan yang tepat “Ayam dingin segar” adalah daging segar. Daging ayam segar diproses (dipotong, dibersihkan dan didinginkan) segera setelah penyembelihan.

Dikatakan,rasa, aroma, dan kualitas asli daging tetap terjaga untuk diolah menjadi masakan terbaik bagi keluarga”.Ayam dingin segar juga mudah didapat dan praktis. Tersedia di banyak supermarket, minimarket, dan toko khusus yang memiliki fasilitas pendingin.

“Anda bisa membeli ayam dingin segar kapan saja, simpan di kulkas, dan diolah seluruhnya atau beberapa bagian sepanjang minggu,” kata Edwin.

Edwin menambahkan, ayam dingin segar juga praktis untuk ibu bekerja yang seringkali tidak sempat untuk langsung memasak daging ayam setelah dibeli.

“Ayam dingin segar dapat disimpan untuk beberapa hari, selama tetap didinginkan. Kesegarannya dijamin selama 1-2 hari jika disimpan di kulkas pada suhu kurang dari 4°C dan hingga enam bulan jika dibekukan dengan suhu dibawah -18 °C,” tambahnya.

Pemilihan yang tepat, penyimpanan yang baik, dan pengolahan yang tepat akan menghasilkan hidangan bekualitas yang akan berdampak positif bagi kesehatan seluruh anggota keluarga.[U-5]

Tautan: http: //sp.beritasatu.com/gayahidup/kementerian-pertanian-luncurkan-kampanye-ayam-dingin-segar/117096

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s