[WARTA EKONOMI] Kementan Luncurkan Kampanye Ayam Dingin Segar

Kamis, 06 Oktober 2016 14:19 WIB

 

Kementerian Pertanian mengampanyekan konsumsi produk ayam dingin segar untuk menjaga keamanan dan kesehatan pangan yang dikonsumsi masyarakat.

Sekretaris Dirjen Kementerian Pertanian Riwantoro, memaparkan” Kampanye ini merupakan bagian dari program keamanan pangan di sektor unggas yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan di Indonesia.” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Seiring meningkatnya permintaan daging unggas di Indonesia, lanjut Riwantoro, kami ingin agar pemotongan unggas terkonsentrasi di beberapa lokasi di Jakarta dan area Jabodetabek. Dengan demikian limbah dari rumah potong dapat diproses dan dimusnahkan dengan cara yang aman dan terkontrol.

“Proses pemotongan yang lebih terkonsentrasi yang tentunya dibarengi dengan proses transportasi dan penjualan yang sesuai,” lanjutnya.

Riwantoro menilai, peningkatan konsumsi daging ayam sebagai dampak dari kenaikan pendapatan keluarga kelas menengah,

“Nah oleh karena itu, Pemerintah ingin memperkenalkan ayam dingin segar di pasar Indonesia. Karena sektor daging unggas kini memasuki fase baru. Dimana kenaikan permintaan dan konsentrasi produksi daging unggas, membuat jarak antara lokasi pemotongan dan pasar meningkat.” ungkapnya.

“Melalui aktivitas ini, kami ingin menginformasikan kepada masyarakat tentang ayam dingin segar dan mendorong mereka untuk mencoba dan beralih ke ayam dingin segar.” tambahnya.

Di Indonesia yang beriklim tropis, sebaiknya transportasi dan distribusi daging unggas beralih ke rantai produksi berpendingin. Kampanye ayam dingin segar ingin menginformasikan kepada masyarakat bagaimana ayam dingin segar di proses dari Rumah Potong Unggas hingga ke meja makan.

“Kampanye ini akan dilakukan mulai awal Oktober 2016 hingga akhir Juni 2017. Meliputi beragam aktivitas diantaranya food truck roadshow di Jakarta dan sekitarnya dimana masyarakat dapat mencoba ayam dingin segar, dan aktivitas di media social.” tutupnya.

Penulis:http://wartaekonomi.co.id/penulis.html

Editor:Vicky Fadil

Foto: Fajar Sulaiman

Sumber: Warta Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s