[TROBOS.COM] Kampanye Ayam Dingin Segar

Selasa, 11 Oktober 2016

Foto: Nova

Jakarta (TROBOS.COM). Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) menggelar Peluncuran Kampanye Ayam Dingin Segar di Hotel Aston, 6 Oktober 2016. Riwantoro selaku Sekretaris Direktorat Jenderal PKH mengatakan, kampanye ini akan dilaksanakan secara berurutan di kota lain.

Menurut Riwantoro, kian tahun terjadi peningkatan konsumsi ayam, hal ini terkait dengan penambahan pendapatan per kapita masyarakat per tahun. Sayangnya peningkatan konsumsi ini tidak dibarengi dengan perubahan budaya karena mengkonsumsi ayam masih banyak secara segar tanpa didinginkan, lanjut Riwantoro.

Ia berharap masyarakat bisa beralih mengkonsumsi daging ayam dingin segar. “Semoga segera dapat tersosialisasi sehingga konsumsi ayam dingin segar semakin meningkat. Masyarakat harus tau, ayam dingin segar baik untuk kesehatan,” ujar Riwantoro.

Pada acara ini diadakan talk show yang diisi oleh Sri Mukartini selaku Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Edwin Lau – Duta Ayam Dingin Segar. Sri mengatakan, pangan asal hewan mudah rusak dan menularkan penyakit. Maka itu, rantai dingin dilakukan untuk mematikan mikro organisme penyebab penyakit. “Untuk menjaga kesehatan masyarakat maka rantai dingin sangat diperlukan,” tambahnya.

Edwin mengatakan, seharusnya ayam yang segar tampak dari penampilannya dan tidak berbau menyimpang. “Karkas harus berasal dari ayam yang baik, dan setelah dipotong harus segera ditangani agar tidak terjadi cross kontaminasi dalam kondisi dingin,” ujarnya.

Sri berujar, 90 % ayam disuplai ke pasar tradisional. Namun bila dilakukan terus menerus apabila ayam tidak habis akan rusak dan membahayakan. Pemotongan langsung di pasar sangat berbahaya karena dapat menularkan penyakit zoonosis seperti avian influenza. Maka itu, diusahakan masuk ke rumah potong sehingga lebih higienis dan berdaya saing.

Edwin menyarankan, penyimpanan ayam harus dalam rantai dingin. “Penanganan harus secara cepat, maksimal seminggu disimpan dalam lemari pendingin agar tidak terjadi pertumbuhan bakteri,” katanya.

Keunggulan ayam dingin segar, Edwin menjelaskan, memiliki kualitas terbaik dan segar, selain itu sangat praktis dan serbaguna, serta tidak serta merta harus habis pada pertama kali diolah. “Cita rasanya nikmat, bisa dirasakan di lidah kita,” terangnya.

Ayam dingin segar diberlakukan untuk semua jenis ayam termasuk unggas lokal, ucap Sri. “Rantai dingin menjadikan produk lebih berasa enak. Program kampanye ayam dingin segar akan dilaksanakan di 20 titik dan rencananya akan berakhir pada Maret 2017,” jelasnya. nova

Sumber: trobos.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s