ayam-dingin-segar-06

on November 9, 2016

Sebuah survey menunjukkan hanya 5% anak sekolah membawa bekal dari rumah. Selebihnya? Tentu saja jajan di sekolah!

Ya, di era sekarang, era di mana kedua orang tua sibuk bekerja kebanyakan orang tua lebih memilih memberi anak uang jajan daripada membekali mereka makanan dari rumah.

Ketersediaan aneka kudapan dan makanan berat di kantin sekolah membuat orang tua tidak lagi merasa khawatir anaknya akan merasa lapar di sekolah selama membawa uang jajan yang cukup.

Padahal bekal dari rumah bisa dipastikan lebih memenuhi kriteria sehat, karena terbuat dari bahan-bahan pilihan serta sudah mempertimbangkan kecukupan gizi bagi masing-masing anak.

Berbeda dengan pedagang-pedagang makanan di sekolah, seringkali harus menyesuaikan harga makanan yang dijualnya dengan uang saku anak-anak, padahal mereka juga mengharapkan bisa mengambil untung besar setiap harinya.

Untuk menyiasatinya seringkali pedagang makanan melakukan trik-trik tertentu. Misalkan pedagang siomay mencampur daging ikan atau ayam dengan tepung dalam jumlah yang banyak. Daging ikan atau ayam yang digunakanpun diragukan kesegarannya. Supaya tetap gurih dan tidak tercium bau tak sedap seringkali ditambahkan bahan kimia dan juga vetsin alias MSG. Anda pasti tahu, penggunan vetsin dalam jangka panjang secara terus-menerus bisa menurunkan tingkat kecerdasan anak.

Ada lagi penjual gorengan, yang seringkali menggunakan minyak goreng secara berulang, hingga warnanya sudah kehitaman. Hiiiih minyak goreng seperti itu kan bersifat karsinogenik, penyebab kanker!

So, sebegitu banyaknya bahaya yang mengancam anak-anak lewat jajanan di sekolah, sepertinya extra effort seorang ibu untuk menyiapkan bekal makanan setiap hari bagi anak-anak kesayangan memang mutlak diperlukan.

Putri saya yang bersekolah di sekolah dasar setiap hari pulang diatas jam 1 siang, karena itu saya selalu membekalinya makanan yang mengenyangkan dan tentu saja menyehatkan, salah satunya adalah lemper.

Lemper buatan sendiri bisa tahan maksimal 2 hari, karena menggunakan bahan-bahan yang alami. Jadi bila dibuat hari ini untuk bekal besok pagi, tinggal disimpan dalam lemari pendingin saja. Keesokan hari cukup dihangatkan di microwave sebelum dibawa ke sekolah.

Makanan apa pun yang kita masak harus terbuat dari bahan-bahan berkualitas terbaik agar menghasilkan makanan yang enak, begitu pula dengan lemper untuk bekal sekolah. Ketan, santan dan daging ayam yang merupakan bahan utama pembuat lemper dipilih kualitas terbaik.

Ketan kualitas nomor satu akan menghasilkan lemper yang pulen. Ketan terbaik memiliki ciri putih warnanya, butirannya panjang dan tidak pecah-pecah.

Santan harus berasal dari kelapa tua agar santan gurih dan berminyak. Perbandingan jumlah santan dan ketan harus pas agar lemper pulen dan tidak lembek. Santan ini juga dipakai sebagai campuran isi. Santan yang kental dan baik akan membuat isian lemper yang berupa daging ayam menjadi lebih gurih. Apalagi setelah ditambah campuran bumbu yang banyak seperti kunyit dan cabai, selain membuat lemper menjadi enak juga untuk mengusir amisnya ayam.

Ayam yang digunakan biasanya bagian dada atau paha. Pembuatannya bisa direbus lalu digiling. Jangan membeli daging ayam yang sudah digiling karena daging ayam giling yang siap pakai sangat mudah bau dan berair. Lebih baik Anda membeli daging ayam dingin segar dan menggilingnya sendiri.

Mengapa harus ayam dingin segar? Daging ayam akan tetap segar jika setelah diproses (dipotong dan dibersihkan) didinginkan segera pada suhu dibawah 4 derajat celcius. Kesegaran daging ayam dingin segar tetap terjamin selama 1-2 hari jika penyimpanannya tetap di pertahankan pada suhu dibawah 4 derajat celcius. Nah, aroma dan rasa lemper akan enak karena dibuat dari daging ayam yang segar.

Keuntungan lainnya apabila Anda menggiling daging ayam sendiri adalah Anda bisa mengatur kelembutannya. Daging ayam giling yang siap pakai biasanya terlalu lembut, kurang pas untuk isian lemper.

Lemper pada umumnya dibungkus dengan daun pisang, sesekali Anda bisa menggantinya dengan nori/rumput laut lembaran sehingga agak mirip dengan sushi. Kreativitas ini bisa membuat anak Anda semakin menyukai bekalnya. Hmm…ternyata bekal dari rumah tetap bisa ngetrend dan lezat seperti jajanan di sekolah ya!

 

One thought on “Lemper Isi Ayam Dingin Segar untuk Bekal Sekolah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s