Sebentar lagi liburan pasca-UAS (Ujian Akhir Sekolah) akan tiba. Biasanya jauh-jauh hari, kita sudah menyiapkan itinerary atau rencana perjalanan liburan untuk anak-anak.

Nah, kalau bosan dengan tujuan liburan yang itu-itu melulu, coba tengok beberapa pilihan berikut. Siapa tahu cocok dan bisa direkomendasikan juga kepada teman-teman Anda

  • Borobudur Butterfly  Park (Taman Kupu-Kupu Magelang)

Taman Kupu-Kupu Magelang

Berjarak sekitar satu kilometer dari kompleks terluar Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, terdapat sarana liburan berkonsep wisata edukasi yang pembangunannya diprakarsai oleh Koperasi Pariwisata (Kopari) Catra Gemilang Borobudur. Namanya, Taman Kupu-Kupu Magelang atau Borobudur Butterfly Park.

Di sini, anak-anak bisa menikmati kecantikan ratusan kupu-kupu yang dibiarkan terbang bebas dan hinggap di pepohonan. Mereka juga bisa belajar mengenai siklus hidup kupu-kupu, mulai dari telur, ulat atau larva, kepompong atau pupa, kemudian berkembang menjadi kupu-kupu. Anak-anak juga akan mengetahui apa saja yang menjadi predator kepompong atau kupu-kupu.

Kupu-kupu di Butterfly Park Borobudur

Pengelola memasang sejumlah poster besar di salah satu tembok taman yang menggambarkan anatomi kupu-kupu, proses metamorfosisnya, jenis-jenis kupu-kupu langka dan yang dilindungi, serta perilaku kupu-kupu.

Lingkungan taman seluas 3.000 m2 ini sangat asri dan sejuk. Fasilitasnya cukup memadai, mulai dari halaman parkir yang luas, pemandu wisata, restoran, kafe, toilet, serta toko souvenir. Orang tua bisa bersantai di beberapa bangunan bale-bale, sementara anak-anak bermain di taman.

Harga tiketnya juga cukup terjangkau, sekitar Rp 10 ribu per orang. Jika ingin sekaligus menginap, ada Rumah Catra Borobudur Guest House & Resto, yang juga dikelola Kopari Catra Gemilang Borobudur. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik tautan-tautan tadi.

Sumber foto: jatengpromo.com, paketwisatajogja.net

  • Sabisa Farm, Bogor

Sabisa Farm sebetulnya merupakan salah satu unit Teaching Farm Institut Pertanian Bogor, yang didirikan melalui kerja sama CDA (Career Development and Alumni Affairs) IPB, Faperta (Fakultas Pertanian) IPB, dan IKA Faperta (Ikatan Alumni Fakultas Pertanian). Sabisa sendiri merupakan singkatan dari Sarana Belajar Petani Sarjana.

hallobogor

Lokasinya berada di Kebun Sindang Barang, Jl. Gedong Seng, Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Bogor.

Di Sabisa Farm IPB terdapat 2.000-an pohon buah naga merah dan 200-an pohon buah naga putih yang memenuhi lahan seluas 6.000 m2. Kita bisa memetik langsung buah naga dari pohonnya dan menikmatinya dalam keadaan segar.Mau dibawa sebagai oleh-oleh juga boleh. Harganya sekitar Rp 30 ribu per kilogram, baik untuk buah naga merah, maupun putih. Kita juga bisa mendapatkan informasi mengenai buah naga dan cara membudidayakannya.

buah-naga-putih

Selain buah naga, Sabisa Farm juga sudah berhasil memproduksi pepaya calina, yang rasanya manis dan berdaging tebal. Ada pula green house yang memproduksi sayur-sayuran hidroponik.

Pengunjung tidak ditarik bayaran ketika masuk. Jika anda memakai kendaraan umum, seperti angkot, Anda bisa minta sopir angkutan untuk menurunkan Anda di mulut gang di samping Markas Yonif 315/Garuda. Anda juga dapat menggunakan jasa ojeg, maupun berjalan kaki dari jalan raya untuk menuju kebun buah naga ini.

Sumber foto: Facebook Page Sabisa Farm & hallobogor.com

  • Upside Down World, Bandung

Kalau merasa terlalu jauh dari Jabodetabek ke Denpasar atau Yogyakarta, cukuplah ke Kota kembang saja untuk datang ke Upside Down World. Ya, Bandung merupakan kota ketiga di Indonesia yang menjadi lokasi pembukaan tempat wisata yang sedang happening ini.

Di Upside Down World, pengunjung bisa merasakan sensasi berfoto terbalik (upside down) di dalam rumah. Ruangan-ruangan dalam rumah ini pun lengkap, layaknya rumah biasa, mulai dari ruang keluarga, kamar tidur utama, kamar tidur anak, sampai dengan kamar mandi. Demikian pula dengan perabotannya. Semua ditata terbalik.

upside-down-world-bandung

Tak perlu risau akan mati gaya ketika hendak berfoto. Ada pemandu yang bisa mengarahkan gaya kita, sehingga tampak keren dalam foto.

Upside Down World, Bandung, terletak di Jl. H. Wasyid No. 31, Lebakgede, Coblong, tak jauh dari Kampus UNPAD Dipati Ukur, Monumen Perjuangan Rakyat, atau Gedung Sate. Buka mulai pukul 10:00-hingga 20:00. Harga tiketnya terbilang cukup mahal, yakni Rp 100 ribu per orang untuk dewasa dan Rp 50 ribu per orang untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 120 cm.

Sumber foto: infobdg.com

  • Kampoeng Banyumili, Salatiga

Lokasi wisata ini terbilang baru. Letaknya di kaki Gunung Gajah Mungkur dan Telomoyo, tepatnya di Jl. Raya Salatiga-Muncul KM 5, Desa Gedangan, Salatiga, Jawa Tengah.

kampoeng-banyumili-salatiga

Di Kampoeng Banyumili, anak-anak bisa bermain di pesawahan dan kolam ikan, di antara sejuk dan indahnya alam pegunungan. Ada juga fasilitas outbound untuk anak-anak, flying fox, fun tubing, dan paintball.

12523098_10206366813064179_7151094406168373032_n

Kelaparan setelah main di sini? Jangan khawatir. Di sini juga ada restonya, lho. Resto Kampoeng Banyumili menawarkan beragam menu, khususnya masakan-masakan khas pedesaan yang nikmat.

Sumber foto: kampoengbanyumili.com

  • D’Kandang Amazing Farm, Depok

Tujuan wisata yang satu ini cocok banget buat para little farmer kita. D’Kandang Amazing Farm terletak di Jl. Penarikan RT 007/RW 002, Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok. Lahannya luas sekali, sekitar 70 ribu m2.

Anak-anak bisa belajar mengenai peternakan dan pertanian: cara memerah susu sapi, memberi pakan pada ternak, memanen sayuran, membajak sawah, sampai memandikan ternak. Wuih, seru!

dkandang-3

Buat masuk ke sini, ada beberapa paket yang bisa dipilih dengan tarif antara Rp 75 ribu per pax hingga Rp 500 ribu per 4 pax. Bahkan, di bulan Januari hingga Februari 2017, D’kandang Amazing farm juga menawarkan paket spesial yang hanya Rp 50 ribu per pax-nya.

Sumber foto: jakarta.panduanwisata.id

Nah, itu baru sebagian kecil dari seabreg tempat wisata di Indonesia lho, Bu. Dan baru di Pulau Jawa saja. Boleh dong, share juga destinasi wisata favorit Ibu dan keluarga. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s