[KORAN SINDO] Kualitas Terbaik Ayam Dingin Segar

Edisi 14-12-2016

PEMERINTAH DKI Jakarta yang dibantu Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner mempunyai program Kampanye Ayam Dingin Segar untuk memberikan edukasi mengenai ayam beku dengan kualitas baik.

Ayam beku atau sering disebut ayam dingin adalah daging ayam yang dijaga kesegarannya dengan suhu dingin sejak proses saat disembelih, dipotong, dibersihkan, dipasarkan, hingga disimpan. “Pemerintah ingin memberikan edukasi mengenai ayam dingin yang terjaga kesegarannya dan tetap mengandung nutrisi.

Sejak empat tahun lalu, pemerintah memang sudah melakukan asosiasi kesehatan masyarakat veteriner yang fokus di bidang kesehatan masyarakat dengan mengikutsertakan beberapa kelompok ibu PKK yang tinggal di sekitar pasar dengan respons positif dari masingmasing,” ujar drh Boethdy Angkasa, Kasubdit Zoonosis Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner.

Dia menambahkan, masyarakat memiliki pemikiran berbeda mengenai ayam dingin. Ayam dingin sering dibandingkan dengan ayam panas yang dianggap jauh lebih segar karena proses pemotongan yang dilihat dan dilakukan langsung. Ayam dingin segar jika disimpan pada suhu 18 derajat Celsius dapat dikonsumsi sekitar enam bulan setelah pembelian.

“Daging ayam dingin jika disimpan pada suhu di bawah 4 derajat Celsius akan terjaga kesegarannya dan terhindar dari kehidupan bakteri. Sebab, jika disimpan pada suhu 4-65 derajat Celsius merupakan zona bakteri dapat hidup dan berkembang,” ujar drh MM Andi Hidayat, Kepala Seksi Analisis Risiko Penularan Zoonosis.

Ayam dingin serbaguna dapat diolah sesuai kebutuhan untuk resep makanan apa saja. Ayam dingin praktis hadir untuk masyarakat modern yang sibuk dan dinamis sehingga tidak perlu khawatir dengan daging ayam yang akan cepat busuk dan terkontaminasi bakteri. “Daging ayam dingin terjaga sehingga tidak menghilangkan kandungan gizi dan nutrisinya, dengan proses pemotongan yang halal di rumah pemotongan umum milik pemerintah, salah satunya di Rawa Kepiting.

Limbah hasil pemotongan pun sudah ada instalasinya,” ujar drh Boethdy. Pemerintah akan melakukan kampanye mengenai ayam dingin sejak Oktober 2016 hingga Juni 2017. Kampanye Edukasi Ayam Dingin Segar adalah program edukasi yang dihadirkan untuk masyarakat Indonesia mengenali cara mengidentifikasi dan memilih daging ayam berkualitas.

Jika masyarakat ingin tetap mengonsumsi ayam panas, saat membeli perhatikan hal-hal penting dengan memilih daging ayam berwarna putih krem kemerahan; tidak kering kulitnya dan tidak berlendir; teksturnya kenyal, bukan lembek; daging ayam yang tidak memar; beraroma khas daging ayam, bukan beraroma busuk; dan membeli daging ayam sesuai kebutuhan dengan segera mengolah daging ayam tersebut sehingga kualitas dan kesegaran tetap terjaga.

Edwin Lau merupakan seorang chef Indonesia yang terpilih menjadi brand ambassador Kampanye Ayam Dingin Segar ini. Kampanye akan dilaksanakan dengan acara Fun Cooking Road Show seperti demo masak bersama chef , lomba masak, dan road show bersama food truck Ayam Dingin Segar yang setiap weekend akan berkeliling mengunjungi 20 lokasi terpilih di Jabodetabek. Food truck akan mulai melakukan road show pada 18 Desember 2016.

mg5

 

Sumber: Koran Sindo

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s