Oleh: Winny Lukman

Bagi pedagang makanan kaki lima alias angkringan, tiba-tiba diundang ke istana presiden untuk menyuguhkan makanan jualan mereka kepada para mentri, presiden dan juga keluarganya bisa jadi merupakan kejutan awal tahun yang istimewa dan tak disangka-sangka.  Nah, ini terjadi pada sidang kabinet paripurna yang digelar Presiden Joko Widodo bersama para mentrinya di Istana Bogor awal Januari tahun ini.

Salah satu pedagang angkringan yang beruntung diundang presiden ke Istana Bogor adalah pedagang sate Madura yang biasa mangkal di kawasan Jembatan Merah Bogor.  Tak tanggung-tanggung, Presiden Joko Widodo memesan sebanyak 125 porsi sate ayam untuk dihidangkan pada saat makan siang presiden dengan para mentrinya!

ayam-dingin-segar-sate-ayam
Image diambil dari Liputan6

Konon, Presiden Joko Widodo dan putra-putrinya, Kaesang dan Kahiyang memang sangat suka membeli makanan dari para pedagang angkringan.  Pada acara tahun baru kemarin pun mereka mengundang pedagang nasi goreng ke istana.

Saat masih tinggal di kota asalnya, Solo, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo juga mempunyai warung makan angkringan favorit yang sangat sederhana, warung yang hanya beratap seng dan kain kuning.

Mmm…memang jangan pernah remehkan kelezatan makanan yang dihasilkan oleh para pedagang makanan angkringan.  Masakan-masakan asli Indonesia yang mereka sajikan itu seringkali bikin kangen dan ketagihan!

Dari hasil googling, ternyata tidak hanya Presiden Joko Widodo yang senang menikmati hidangan masakan asli Indonesia.  Para presiden Indonesia terdahulu ternyata suka berwisata kuliner masakan asli Indonesia loh.

Mendiang Presiden Soekarno memiliki makanan favorit pais ikan alias pepes ikan, pepes ikan yang paling disukai beliau adalah pepes ikan gebu dan ikan buli khas Bengkulu.

Mendiang Presiden Soeharto juga mempunyai kesukaan terhadap masakan asli Indonesia, diantaranya ayam bakar Taliwang.  Ayam kampung muda yang baru berusia 45 hari diolah dengan bumbu plecing dan dibakar sampai matang adalah menu favorit Presiden RI kedua yang kerap bersantap di rumah makan yang menyajikan hidangan khas Lombok/Sasak.

Presiden RI ketiga, yakni Presiden Habibie sangat menyukai ayam goreng dari rumah makan padang.  Beliau biasa menikmatinya dengan ditemani jus terong campur sirsak.

Sama seperti Presiden Habibie, Mendiang Presiden Abdurrahman Wahid juga penikmat hidangan dari rumah makan padang.  Beliau dikenal sangat menyukai dendeng batoko, gulai otak dan limpa sapi.

Sementara itu, Presiden Megawati memiliki makanan favorit dari sebuah warung ikan bakar di Gianyar, Bali yakni udang bakar dan sambal terasi.

Tidak hanya Presiden Jokowi, Habibie dan Soeharto yang menu favoritnya hidangan ayam,  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga paling suka hidangan ayam, yakni soto ayam dan ayam goreng berbumbu khas Indonesia.

Hmmm…ternyata 4 dari 7 presiden Indonesia menyukai hidangan yang sama dengan saya, hehehe, sama-sama penyuka hidangan ayam!

Daging ayam itu memang menu bergizi dan andalan para ibu Indonesia untuk keluarga tercinta.  Disajikan saat sarapan, makan siang maupun malam pakai nasi hangat dan sambal pedas.  Wuiiiiih! Nyam!

Jadi  ke-ide-an hari ini meluncur dulu ke supermarket belanja daging ayam dingin segar.  Mau bikin ayam goreng ala ala rumah makan Padang seperti kesukaan Pak Habibie ah!  Habis makan ayam goreng, minumnya jus buah dingin. Ulala, paduan menu paling pas disantap saat udara Bandung lagi panas akhir-akhir ini.

Baca juga: Tips Ayam Dingin Segar

Atauuu… bikin sate ayam bumbu kacang seperti kesukaan Presiden Joko Widodo, ya? Aaaaah jadi kebayang-bayang sate ayam bumbu kacang yang cacahan kacangnya dibuat nggak terlalu halus, pakai kecap kental manis, tercium wangi bakarannya, mmm…  bikin  tambah laper baper nih.

Baca juga: Resep Ayam Bumbu Sate

Eh, kabarnya tanggal 15 Januari nanti,  Presiden Joko Widodo akan kembali mengundang para pedagang angkringan ini ke Istana Bogor loh!  Entah untuk acara apa.  Menunya sate ayam lagi nggak ya? Dan siapakah pedagang angkringan yang beruntung berikutnya?  Para pedagang angkringan di Bogor layak harap-harap cemas dan bahagia nih!

ayam-dingin-segar-sate-ayam-2
Image diambil dari Kompas

Tulisan asli: https://winnylukman.com/2017/01/11/empat-dari-tujuh-presiden-indonesia-ternyata-penggemar-hidangan-ayam-loh/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s