Sashimi atau makanan mentah berupa sea food atau irisan daging segar cukup populer di Indonesia. Menyajikannya perlu teknik khusus agar yang memakannya tak terkontaminasi bakteri yang menyebabkan penyakit.

Selama ini, sea food, seperti salmon, tuna, kerang, atau udang, dan daging sapi segar adalah bahan-bahan yang jamak digunakan untuk membuat sashimi. Namun, saat seorang chef ternama, Marc Murphy, mengunggah foto kreasi masakannya berupa sashimi ayam, segera saja penggemar sashimi mencoba memakan daging ayam mentah.

Amankah mengonsumsi ayam mentah?

Foto sashimi ayam yang diunggah Chef Marc Murphy ke akun medsosnya.
Foto sashimi ayam yang diunggah Chef Marc Murphy ke akun medsosnya.

Jangankan makanan mentah, makanan matang pun bisa terkontaminasi bakteri. Namun, tidak masalah jika proses penyajiannya mengikuti aturan yang tepat.

Ayam mentah sangat berisiko terpapar bakteri salmonella yang dapat menyebabkan penyakit tifoid, paratifoid, dan penyakit-penyakit pencernaan lainnya. Daging ayam mentah juga bisa mengandung bakteri campylobacter.

Cara menonaktifkan bakteri ini agar tak berkembang biak adalah dengan memproses daging ayam dalam rantai dingin. Sejak penyembelihan, pembersihan, pemotongan, transportasi, hingga penjajaannya, ayam dijaga untuk selalu berada dalam suhu ruangan di bawah 4 derajat Celcius.

Selama ini, chef yang membuat sashimi pun merebus atau membakar dulu ayam mentah selama 10 detik sebelum disajikan. Namun, menurut profesor bidang mikrobiologi makanan dari University of Georgiaโ€™s Center for Food Safety, Amerika Serikat, Michael Doyle, cara ini pun tak membunuh mikroba.

Jadi, bagaimana kalau Anda adalah penggemar berat sashimi dan ingin mencoba jenis sashimi yang satu ini? Pertama, Anda harus tahu persis dari peternakan seperti apa ayam yang Anda konsumsi ini berasal dan bagaimanan mereka diternakkan. Hmmm, repot, ya? Ini karena kebanyakan ayam yang terkontaminasi bakteri berasal dari ayam peternakan, bukan ayam yang dipelihara di luar kandang (ayam kampung).

Kedua, pilihlah ayam yang diproduksi atau diproses dalam rantai dingin. Ketiga, dan mungkin adalah yang terbaik, serahkanlah kepada chef professional karena kebanyakan mereka telah mengambil langkah pencegahan agar sashimi aman dikonsumsi.

Namun, jika Anda sedang hamil atau punya penyakit yang berkaitan dengan kekebalan tubuh, sebaiknya hindari sama sekali makanan mentah. (*)

[Diolah dari berbagai sumber.]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s