Miyazaki adalah sebuah prefektur di Jepang. Di kawasan yang terletak di Pulau Kyushu ini, ayam-ayam diternakkan secara khusus dan sangat cermat. Hasilnya, daging ayam yang mereka produksi sangat kaya rasa dan berkualitas tinggi. Bahkan, CNN menyebut daging ayam asal Miyazaki ini sebagai the world’s tastiest white meat.

Mengapa bisa begitu?

Daging ayam lezat ini tentu tidak datang begitu saja. Dia tercipta dari beragam eksperimen, termasuk persilangan jenis, yang dimulai sejak pertengahan abad ke-20. Ayam yang punya sebutan Miyazaki jidori (kadang juga disebut jidokko/jitokko) ini dikembangkan di daerah pegunungan dengan teknik khusus dan organik, sama sekali tanpa tambahan hormon dan tanpa penggunaan antibiotik.

Penampakan Miyazaki jidori (Foto: Foodosophy)
Penampakan Miyazaki jidori (Foto: Foodosophy)

Penempatan mereka dalam kandang pun diatur, tidak berdesak-desakan seperti yang umumnya terjadi di peternakan ayam. Dalam setiap rentang satu meter, hanya ada maksimal 10 ekor ayam saja. Dengan demikian, sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam kandang dan sirkulasi udara dalam kandang pun lebih lancar.

Peternakan ayam di Miyazaki (Foto: Kuruma)
Peternakan ayam di Miyazaki (Foto: Kuruma)

Jidori juga dirancang untuk bisa hidup lebih lama ketimbang para “sepupu” mereka, yang umumnya membutuhkan waktu 60-120 hari sampai bisa dipotong . Jidori baru siap dipotong setelah mencapai usia 180 hari.

Selama masa 6 bulan itu, peternak terus memastikan agar ayam-ayam mereka kelak memiliki rasa yang luar biasa, renyah, punya tekstur yang bagus, kualitas tinggi, serta montok. Ayam-ayam diberi pakan alami, plus air pegunungan yang punya kualitas terbaik.

Memang lebih sulit mengembangbiakkan jidori ketimbang ayam pedaging biasa, tapi hasilnya sangat worth it, toh? Sejak 1933-pun, ayam jenis ini ditetapkan oleh Departemen Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang sebagai produk alami yang berharga agar spesiesnya terjaga.

Hmmm, jadi penasaran ya, pengen nyoba lezatnya kayak apa… (*)

 

Sumber: CNN, Kuruma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s