Ayam penyet adalah hidangan ayam gaya Suroboyoan, berupa ayam yang dipenyet, digeprek, atau dibuat gepeng setelah digoreng dan disajikan bersama sambal dan lalapan. Kini menu ayam penyet juga digemari di beberapa negara tetangga, khususnya Malaysia dan Singapura. Yang dipenyet pun tak hanya ayam, tetapi juga iga, cumi, ikan bawal, tempe, bahkan baso.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi restoran yang menyajikan menu ayam penyet di Jabodetabek dan Bandung.

WARUNG BU KRIS (JAKARTA)

Nama warung ini paling sering muncul di internet kalau mencari dengan kata kunci “ayam penyet”. Jadi penasaran seenak apa, sih, ayam penyet warung yang sudah buka banyak cabang ini.

Teresa dari Jakarta bahkan menyempatkan setidaknya seminggu sekali ke Warung Bu Kris. “Rasa sambalnya yang harum bikin ketagihan dan keingetan tiap kali menjelang makan siang,” akunya.

Sambal penyet yang disediakan Warung Bu Kris memang tak hanya satu. Ada banyak pilihannya mulai dari sambal mangga, sambal bebek mangga, dan sambal teri mangga. Kepedasannya pun berlevel-level, disesuaikan dengan selera pelanggan.

Foto: TripAdvisor

“Rasa daging ayam gorengnya enak, apalagi ditambah dengan sambal penyetnya yang pedas itu, Mantap, deh. Sambalnya memang benar-benar pedas, saya sampai harus minum berulang-ulang,” kata Ita, pelanggan lainnya.

Wow! Siap-siap, deh, bibir jontor kalau kemari. Hehehe!

Alamat:

Jalan RS Fatmawati Raya No. 37 D, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

Kisaran harga:

Rp 50.000,00-Rp 100.000,00/orang

 

AYAM GEPREK ISTIMEWA (BOGOR)

Ayam Geprek istimewa ini menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Ayam dibuat dengan bumbu yang meresap sampai ke tulang.

“Kayak diungkep dengan cukup lama. Rasanya pun gurih benar,” kata Indriyatno, seorang petualang kuliner.

hellobogor.com

Ayam geprek disajikan dengan taburan bawang goreng dan sambal yang pedasnya aduhai.

Alamat:

Jl . Bangbarung Raya No. 27, Bantarjati, Bogor

Kisaran harga:

Rp 50.000,00/orang

 

AYAM PENYET MARGO (DEPOK)

Banyak yang bilang kalau daging Ayam Penyet Margo ini sangat empuk dan juicy. Mudah sekali melepas daging ayam dari tulangnya.

Foto: lebailabiel.com

Restoran ini punya tagline “Pedasss Gila”. Sambal penyetnya memakai cabai rawit yang royal, lengkap dengan tangkai cabainya. Apakah tangkainya mempengaruhi kepedasan sambal? Hmmm, ternyata ada alasan tertentu mengapa si tangkai ikut masuk dalam ulekan.

“Sambal sebenarnya tidak membuat sakit perut kalau cabai yang digunakan masih segar atau tidak terlalu matang yang hampir busuk. Makanya kami memilih cabai yang masih ada batangnya untuk menandakan cabainya masih segar. Dalam proses penghalusan pun, kami juga menyertakan batang cabai tersebut,” kata Rio Novia Indra, pemilik Ayam Penyet Margonda, seperti dikutip Beritasatu.

Nah, sudah ada jaminan dari sang pemilik kalau habis makan di sini tidak akan sakit perut akibat pedasnya sambal.

Alamat:

Jl. Margonda Raya No. 368, Depok

Kisaran harga:

Rp 60.000,00/orang

 

MASTER PENYET (BEKASI)

Restoran yang menyuguhkan ayam goreng dengan sambal korek dengan kepedasan sadis. Wuidih! Bahkan ada pelanggan yang bilang, jangan suka sok mau tambah sambal di sini karena meski kelihatan sedikit, sambalnya memang pedas sadiss, sesuai tagline-nya.

“Karakter rasa sambalnya adalah asin dan gurih, tipe sambal favorit saya,” kata Djohan, seorang penggemar ayam penyet asal Bekasi.

Foto: masterpenyet.com

Daging ayamnya juga empuk. Ukurannya juga besar. Meski begitu, restoran ini juga menyajikan paket ekonomis dengan ayam penyet berukuran lebih kecil dan harga yang lebih murah.

Alamat:

Jl. K.H. Noer Ali No.3 (Samping Outlet Adidas), Bekasi Selatan

Kisaran harga:

Rp 35.000,00/orang

 

AYAM PENYET IBU YULI (TANGERANG SELATAN)

Bumbunya meresap sampai ke dalam daging ayam. Garing di luar, empuk di dalam.

Bu Yuli, sang pemilik, juga menyertakan jeruk limo pada sambalnya untuk memberikan cita rasa segar. Sambalnya berupa sambal terasi, dengan rasa bawang merah dan bawang putuh yang kuat. Asam pedas, segar!

Sumber: foody.id

Dulunya, restoran ayam penyet ini hanya mampu menampung sekitar 25 pengunjung, tapi setelah diperluas, bisa menampung hingga 50 orang, bahkan Bu Yuli juga telah membuka satu lagi cabang restorannya.

“Ayam penyet Ibu Yuli juara banget sambelnya. Pedasnya endes parah, makanya banyak banget yang makan di sini, sampai antre,” ujar Renaldy, salah seorang pelanggan.

Alamat:

Jl. Legoso Raya No. 88, Ciputat Timur, Tangerang

Kisaran harga:

Rp 25.000,00/orang

 

AYAM PENYET CAFÉ D’PAKAR (BANDUNG)

Mau makan ayam penyet dengan suasana agak beda? Datanglah ke kafe berpanorama tebing ini. Letaknya di kawasan dago Pakar, Bandung Utara. Ayam penyetnya bertekstur empuk dengan sambal pedas dan nasi hangat pulen. Mungkin terlihat biasa dibandingkan dengan sajian ayam penyet di warung atau restoran khusus penyetan. Tapi ya itu tadi, di sini kita bisa menikmatinya dengan pemandangan luar biasa.

Foto: TripAdvisor

Datanglah di pagi hari, apalagi di akhir pekan, karena tahu sendirilah Bandung bagaimana situasinya di Sabtu dan Minggu. Khusus di akhir pekan, restoran ini memang buka sejak pukul 09:00. Sambil menunggu pesanan ayam penyet tiba, sempatkan berfoto dengan latar belakang Tebing Keraton.

Alamat:

Jl. Dago Pakar Utara, Bandung

Kisaran harga:Rp 30.000,00/orang

 

Sumber: Zomato dan berbagai sumber lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s