Kata orang, kalau mampu menunjukkan sopan santun di meja makan, kita secara tidak langsung menunjukkan kualitas pergaulan, intelektualitas, dan etika pergaulan kita sendiri. Sopan santun ini termasuk keahlian menggunakan peralatan makan yang tepat, hingga cara kita makan/minum makanan atau minuman tertentu.

Tiap budaya atau negara punya tatanan yang berbeda-beda soal ini, tapi ada beberapa aturan dasar yang hampir selalu muncul pada setiap etiket makan, misalnya makan dengan mulut tertutup saat mengunyah dan tidak menimbulkan bunyi saat mengunyah makanan.

Nah, kali ini Ayam Dingin Segar kasih panduan sedikit soal makan hidangan ayam dalam suasana yang formal. Moga-moga bisa jadi ‘contekan’ buat Anda saat diundang ke jamuan makan resmi.

1. Makan steak ayam

Potong daging ayam 1-2 iris saja dulu, jangan dipotong-potong semuanya sekaligus. Potong-potong daging ayam dengan ukuran yang bisa masuk ke dalam mulut Anda, jangan terlalu besar. Potong dengan pisau di tangan kanan dan suapkan dengan garpu di tangan kiri.

2. Makan ayam dengan tulang yang masih menempel

Ayam goreng atau ayam goreng tepung biasanya tidak disajikan dalam jamuan makan formal. Ini adalah jenis hidangan kasual yang biasa disajikan dalam acara makan informal atau piknik, sehingga tamu bisa leluasa menggunakan jari saat memakannya. Tapi kalau ternyata dalam jamuan makan resmi pun tuan rumahnya menyajikan ayam seperti ini atau ayam yang masih ada tulangnya, gunakan pisau dan garpu untuk memisahkan ayam dari tulang. Menyuwir daging ayam atau melepaskan daging ayam dari tulang dengan jari hanya dapat dilakukan dalam acara makan informal.

3. Tentang bumbu tambahan

Jangan pernah meminta bumbu tambahan, seperti tabasco, saus tomat, saus sambal, atau kecap untuk menambah kenikmatan Anda makan hidangan ayam yang disajikan, karena bisa menyinggung tuan rumah.

4. Membuang daging ayam yang terselip di mulut

Gunakan garpu untuk membuangnya ke piring. Jika ada daging ayam yang tidak ingin Anda makan, keluarkan dengan hati-hati dan tutup dengan serbet makan agar tidak diketahui orang lain. Sementara jika terselip di gigi, selesaikan dulu makan Anda, setelah itu barulah minta ijin ke tuan rumah untuk ke toilet guna membersihkan gigi. Jangan pernah menggunakan tusuk gigi, apalagi jari, untuk membersihkan makanan yang terselip di gigi selama berada di meja makan.

5. Setelah selesai makan

Letakkan pisau dan garpu sejajar dengan posisi ujung masing-masing berada di titik pukul 12:00 dan pangkalnya di titik pukul 05:00 (menyerong). Bagian cekung garpu hadapkan ke atas, sementara bagian tajam pisau arahkan ke dalam.

Wuidih, repot bener, ya? Untungnya tidak setiap hari menerima undangan jamuan resmi. 😀

(Diolah dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s