Sejak tiga tahunan lalu, beredar informasi bahaya mencuci ayam mentah atau ayam segar. Awalnya adalah saran dari Food Standards Agency (FSA), lembaga standardisasi makanan Inggris, agar konsumen berhenti mencuci daging ayam mentah karena dapat meningkatkan risiko keracunan makanan.

Mencuci ayam mentah, menurut FSA, dapat menyebarkan bakteri campylobacter ke tangan, meja, pakaian, dan alat-alat dapur, melalui percikan air. Campylobacter menginfeksi sekitar 280 ribu orang di Inggris per tahun dan merupakan bakteri paling banyak menyebabkan keracunan makanan di Inggris. Gejalanya diare, sakit perut, kram, demam, dan umumnya penderita merasa tidak sehat.

Di Indonesia sendiri, dari 21.763 penderita diare, sekitar 3,6%-nya disebabkan oleh campylobacter jejuni (Tjaniadi et al. 2003).

Nah, kembali ke pertanyaan awal tadi, bolehkah mencuci ayam mentah?

Mencuci ayam mentah, boleh atau tidak? (Foto: witty.com)

Sebetulnya, jika mengonsumsi ayam dingin segar, Anda boleh bernapas lega. Ayam dingin segar sejak awal pemrosesannya dibuat agar sesedikit mungkin terpapar bakteri. Mulai dari penyembelihannya, pembersihan, pemotongan, transportasi, hingga ke penjajaanya, ayam dingin segar selalu dijaga untuk berada dalam suhu ruang di bawah 4° Celcius atau yang disebut sebagai sistem rantai dingin.

Suhu sedingin ini tak memungkinkan bakteri untuk berkembang biak (nonaktif). Seperti yang kita ketahui, bakteri amat mudah tumbuh dalam suhu hangat, yakni antara 4°-60° Celcius.

Oleh karena itu, selama Anda tidak memutus rantai dingin ini sejak membeli ayam dingin segar, sebetulnya Anda bisa langsung memasaknya sesampainya di rumah, tanpa mencucinya terlebih dulu. Bagaimana agar tidak terputus? Saat membawa pulang ayam dingin segar, gunakan tas khusus yang mampu menjaga suhu dingin ayam. Kemudian, segera olah atau simpan dalam kulkas, jika hendak mengolahnya di kemudian hari. Saat memasaknya pun, pastikan ayam telah mencapai tingkat kematangan sempurna.

Baca juga: Bagaimana Membawa Pulang Ayam Dingin Segar dari Pasar atau Supermarket?

Yang penting juga, rajin-rajinlah mencuci peralatan dapur dan tangan Anda seusai mengolah ayam mentah. Hindari kontaminasi silang, misalnya dengan membedakan talenan yang digunakan untuk memotong-motong daging ayam dengan talenan untuk sayuran.

Baca juga: Tips Membersihkan Daging Ayam

Sumber: BBC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s