Cara memilih ayam yang benar, sudah. Membersihkan, sudah juga. Menyimpan? Thawing? Sudah dan sudah juga.

Nah, kali ini kita bahas soal cara memasak ayam. Ada satu saran dari seorang ahli gizi soal metode tersehat memasak ayam.

Ayam banyak dipilih dan populer di kalangan mereka yang berdiet rendah lemak. Memang, dibandingkan daging sapi, misalnya, daging ayam mengandung lebih sedikit lemak. Paha ayam, contohnya, salah satu bagian paling berlemak dari ayam, mengandung 5 gram lemak dan 110 kalori dalam setiap 2 onsnya.

Meskipun rendah lemak, cara kita mengolah atau memasak ayam ternyata berpengaruh terhadap kandungan lemak dan kalori alias menambahnya jadi lebih banyak.

Cara terbaik

Selama ini kita berpikir, memanggang adalah cara terbaik atau tersehat untuk memasak ayam. Tapi, menurut ahli gizi dari HelloFresh, Amerika Serikat, Rebecca Lewis, ada metode memasak ayam yang kurang populer, namun ternyata lebih sehat ketimbang memanggang.

“Cara paling sehat untuk memasak ayam adalah dengan merebusnya,” jelas Lewis. Mengapa? Ini karena kita tidak memasukkan bahan-bahan apapun ke dalamnya, kecuali ayam dan air. Cara ini mirip dengan merebus (poaching) telur, yakni dengan menceplokkan telur ayam ke dalam rebusan air.

Rebecca Lewis. (Foto: HelloFresh Blog)

Untuk mendapatkan olahan ayam sehat hasil rebusan ini, kita hanya perlu merebus air hingga mendidih, kemudian kecilkan api atau turunkan suhunya. Banyaknya air tergantung pada besar atau banyaknya ayam yang kita rebus. Setelah itu, masukkan ayam dengan hati-hati agar tidak terciprat air rebusannya. Rebus hingga matang.

Nah, dengan cara rebus ini, kita akan mendapatkan 120 kalori dengan 1,4 gram lemak pada setiap 4 ons ayam. Sehat sih, sepertinya, tapi enakkah rasanya? Tentu saja, kata Lewis, cara ini tidak mengutamakan rasa. Kalau kita tetap ingin makan ayam dengan cara masak yang sehat dan tetap lezat, Lewis menyarankan menambahkan rempah segar dan sayuran. Jadi, bukannya memasukkan bumbu hasil tumisan, seperti yang biasa kita lakukan saat membuat sup ayam, di mana minyak sayur untuk menumis akhirnya masuk juga ke dalam air rebusan ayam.

Teknik memasak ayam dengan merebus (poaching). (Foto: http://www.21stcenturyhousewife.com/Pinterest)

“Secara umum, satu sendok makan minyak mengandung 120 kalori dan 14 gram lemak, dan satu sendok makan mentega berisi  100 kalori dan 12 gram lemak,” kata Lewis.

Lewis juga punya cara lain untuk memaksimalkan rasa, tanpa perlu menambahkan banyak kalori ke ayam yang kita santap, yakni dengan mengasinkan ayam terlebih dahulu. Lewis juga merekomendasikan penggunaan rempah segar, ramuan herbal, serta cuka.

Menumis

Menumis adalah cara kedua yang disarankan Lewis untuk memasak ayam dengan sehat. Lho, bukannya menumis juga butuh minyak goreng atau lemak supaya ayam tidak lengket dengan wajan?

Betul, tapi ternyata kuncinya ada pada kualitas wajan yang kita pakai. Dengan wajan antilengket berkualitas tinggi, kita sebetulnya cuma perlu sedikit sekali minyak atau lemak untuk menumis ayam. Kalau kita ingin ayam tumis yang lapisan luarnya renyah, bakar dulu ayamnya di atas kompor, panggang di oven, barulah ditumis.

Menumis ayam. (Foto: cooksillustrated.com)

Wuidih, panjang juga langkahnya! Lho, katanya pengen ayam yang enak dan garing, tapi tetap sehat? Mesti mau repot, dong. Hehehe!

Ayam goreng

Nah, ini kabar buruk buat kita yang doyan banget makan ayam goreng. Lewis bilang, menggoreng bukanlah metode memasak ayam yang paling disarankan. Menggoreng ayam dalam panci penuh minyak sama saja dengan menambahkan “tonan” kalori dan sodium pada ayam.

Melapisi ayam dengan tepung sebelum digoreng? Oh, bakal lebih dahsyat lagi kandungan kalori dan lemaknya, sekitar 200 kalori lebih banyak ketimbang ayam rebus.

Lalu bagaimana kalau kita ingin sekali mengurangi asupan kalori dan lemak, tapi tetap makan ayam goreng karena doyan? Lewis merekomendasikan menambahkan baking soda dalam adonan tepung untuk melapisi ayam goreng.

Baking soda melepaskan gelembung gas selama proses memasak  dan dengan demikian mengurangi minyak yang diserap oleh makanan,” jelasnya.

Dia juga menyarankan, daripada melapisi ayam dengan  tepung dan dadih, lebih baik melapisi ayam dengan mostar (mustard) yang hasilnya sama lezatnya.

Ayam goreng lapis madu dan mostar. (Foto: Daydream Kitchen)

Sumber: womenshealthmag.com

One thought on “Ini Dia, Cara Tersehat Memasak Ayam Menurut Ahli Gizi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s