Oleh: Leyla Hana

Assalamualaikum, halo Bu Ibu… Hari ini mau buka puasa pakai apa? Pasti ibu-ibu sudah belanja sayur mayur dan daging-dagingan untuk buka puasa nanti. Sebagai ibu dan koki rumah tangga, urusan masak memasak itu memang sering membuat pusing kepala. Apalagi kalau kita tanya ke anak-anak dan suami, “mau makan apa hari ini?” Eh, mereka cuma jawab, “terserah.” Paling enak sih walaupun dijawab terserah, begitu dimasakin, semua habis dilahap. Seringnya yang terjadi, kita sudah masak yang kira-kira mereka suka, ternyata mereka tidak mau memakannya.
Itu salah satu sebab mengapa ibu-ibu mudah gemuk setelah menikah. Selain saat memasak, harus mencicipi masakannya, kita juga sering kali harus menghabiskan makanan yang kita masak daripada mubajir kan. Nah, untuk menghindari semakin melonjaknya berat badan, saya harus mengenali baik-baik makanan apa yang disukai oleh anak-anak dan keluarga. Ternyata, mereka itu lebih suka makan daging ayam daripada ikan.
Sepertinya masalah ini juga dialami oleh keluarga lain. Saya pernah belanja di tukang sayur, kemudian mendengar keluhan ibu-ibu yang pusing mau masak apa. “Masa sih tiap hari masak ayam. Ayam lagi… ayam lagi….” Wah, sama tuh Bu. Saya juga hampir bosan. Masa masak ayam terus? Kadang-kadang masak ikan juga sih, tapi sering tidak habis. Jadi, saya sering membeli daging ayam karena anak-anak dan suami lebih suka makan ayam daripada ikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s