Apa Itu Ayam Dingin Segar?

Ayam Dingin Segar adalah istilah yang digunakan untuk daging ayam yang diproduksi dengan cara pendinginan atau pembekuan. Ayam disembelih di Rumah Potong Unggas dan dagingnya ditangani dalam keadaan dingin (suhu 0 – 4°C) dan terus dipertahankan pada suhu dingin selama transportasi, penjajaan, sampai ke tangan Anda.

Penanganan daging ayam dengan cara pendinginan/pembekuan ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kualitas kesegaran daging ayam, serta menghambat pertumbuhan kuman. Hal ini sangat penting, mengingat negeri kita yang berada di zona tropis yang membuat bakteri dan kuman lebih mudah untuk tumbuh.

utuh

Apa yang menjadi keunggulannya?

Ayam Dingin Segar memiliki tiga keunggulan utama, yaitu: Segar, Praktis, dan Serbaguna.

segar

Segar

Daging ayam dingin segar selalu berada dalam kondisi dingin (0 – 4°C) sejak penanganannya di Rumah Potong Unggas (dikeluarkannya jeroan, dipotong/disembelihnya leher dan kaki, dibersihkan, dan disimpan), proses transportasi, dan penjajaan, sampai ke tangan Anda, sehingga daging ayam akan selalu berada dalam keadaan segar, terjaga kualitas, dan rasa aslinya.

Daging ayam utuh akan terjaga kualitasnya selama 1 hingga 2 hari, jika disimpan dalam kulkas (refrigerator) dengan suhu dipertahankan 0 – 4°C. Daging ayam dingin segar juga dan bisa bertahan hingga 6 bulan, jika disimpan dalam freezer (beku) dengan suhu di bawah -18°C.

Untuk daging ayam dalam bentuk potongan, dapat disimpan selama 1-2 hari. Jika diletakkan dalam freezer dan dikemas dengan baik, dapat disimpan hingga 6 bulan.

praktis

Praktis

Di tengah-tengah kesibukan mengurus keluarga, mengerjakan pekerjaan rumah, ataupun bekerja, membuat gaya hidup masyarakat, khususnya di perkotaan, mempengaruhi pola konsumsi dan penggunaan waktu. Dengan keseharian yang semakin dinamis dan serba cepat, Ayam Dingin Segar sangat praktis untuk memenuhi kebutuhan memasak masyarakat modern.

Ayam Dingin Segar sangat praktis karena bisa disimpan untuk beberapa hari, asalkan tetap dijaga dalam kondisi dingin, sehingga Anda dapat mengolah daging ayam sesuai dengan kebutuhan.

serbaguna

Serbaguna

Dengan kualitas kesegaran dan rasa aslinya yang terjaga, Ayam Dingin Segar boleh dibilang serbaguna karena Anda dapat mengolahnya sesuai dengan kebutuhan dan cocok untuk resep masakan apa saja sesuai keinginan, baik dengan resep tradisional, maupun resep dari berbagai negara lain.

chicken-drums-ayam-dingin-segar

Keunggulan Lainnya

Selain tiga manfaat utama, yaitu segar, praktis, dan serbaguna, Ayam Dingin Segar juga memiliki beberapa keunggulan lain yang layak menjadi pertimbangan kita dalam memilih daging ayam.

Keunggulan lain yang dimaksud adalah:

√ Enak

Proses pendinginan ataupun pembekuan daging ayam yang dilakukan tidak mempengaruhi rasa. Jadi, asalkan diproses dengan teknik atau cara yang tepat, rasa daging ayam akan terjaga. Kelezatan yang bisa dihasilkan Ayam Dingin Segar tak berbeda dengan daging ayam hangat.

√ Hemat

Ayam Dingin Segar hemat karena bisa disimpan dan diolah kapan saja diinginkan. Anda juga bisa memilih kapan waktunya belanja di saat yang paling menguntungkan.

Apalagi Ayam Dingin Segar dengan kualitas yang terjaga dengan baik, dalam hal rasa maupun strukturnya (warna, bau, dan kesegaran), memiliki harga yang mampu bersaing dengan harga daging ayam hangat di pasar.

√ Kandungan Gizi Terjaga

Salah satu alasan untuk memilih mengonsumsi daging ayam adalah karena kandungan gizinya. Tujuan kita mengonsumsi daging ayam adalah untuk memenuhi kebutuhan protein hewani keluarga kita.

Penanganan daging ayam dengan proses dingin diharapkan akan mampu menjaga kandungan gizi yang dimiliki daging ayam seperti protein, vitamin (B2 dan B6), mineral (tembaga, fosfor, dan selenium). Penanganan proses dingin akan menjaga kandungan nutrisi penting yang ada dalam daging ayam karena tidak rusak terpapar oleh panas dan cahaya. Dengan keunggulan ini, Ayam Dingin Segar tetap lezat dan bergizi.