Memasak Daging Ayam Dingin Segar

Saat memasak daging ayam, warna yang terlihat bukanlah indikator yang bisa diandalkan untuk menunjukkan daging ayam yang sudah dimasak telah aman untuk dikonsumsi. Untuk itu, perlu diperhatikan hal-hal berikut:

  1. Pastikan daging yang dikonsumsi adalah daging dengan kematangan sempurna.
  2. Jika Anda memasak dengan menggunakan slow cooker, pastikan daging yang dimasak telah benar-benar mendapatkan suhu panas yang dibutuhkan.
  3. Pastikan daging ayam yang dimasak telah mencapai suhu panas yang tepat terutama di bagian daging yang tebal, seperti dada dan paha, yaitu 82° C (180° F) atau untuk daging ayam potong, mencapai suhu 74° C (165° F).
  4. Gunakan thermometer daging untuk mengukur dan memastikan panas yang didapatkan bagian daging yang tebal, seperti dada atau paha, dan pastikan thermometer tidak menyentuh tulang apapun.
  5. Perhatikan dan pastikan selalu untuk mengikuti petunjuk khusus penggunaan thermometer khusus daging yang Anda gunakan.
  6. Pastikan selalu mencuci terlebih dulu thermometer yang telah Anda gunakan untuk mengukur suhu daging mentah, sebelum digunakan untuk mengukur suhu selanjutnya.
  7. Karena microwave tidak bisa melakukan pemanasan secara merata, tidak disarankan untuk dipakai memasak ayam beku atau nugget.